Amsterdam : Place We Go

Mari kita mulai cerita europe trip kami dengan kota pertama yang dikunjungi yaitu Amsterdam.

After 14 hours flight, finally we arrived at Schipol Airport Amsterdam. Kami langsung ganti baju lapis 3 : long john, baju dan celana luar, jaket. Untungnya aku nurut sama petuah seorang kaka yang nyuruh bawa long john, karena ternyata Accuweather itu berdusta dan php kaya kamu, bilangnya 15 derajat eeeh taunya 5 derajat mahahahah kebayang kalo ga pake longjohn bisa beku sis. Karena repot sama koper dan ransel, dari bandara kami langsung ke hotel taro barang, baru deh abis itu jalan-jalan. Yuk ikutin petualangan kami πŸ™‚

Centraal Station Area

Setelah istirahat sebentar kami jalan2 ke Centraal Station pake kartu Amsterdam & Region Travel Ticket atau ARTT (penjelasan ARTT day pass ini di postingan terpisah ya).

Hampir semua tram dan bis yang dioperasikan oleh GVB amsterdam, rutenya dimulai dan diakhiri di sini. NS Train dari dan ke bandara Schipol juga jalurnya ngelewatin Centraal stasion ini.

Aktivitas : sightseeing, lalu ku tercengang liat arsitektur stasiun di sini kok bagus amat love pokoknya dan E (anak saya) main di halaman stasiun sambil liat burung2 yang banyak di halaman Centraal station. Ternyata bahagianya anak kecil itu sesederhana main sama burung :D.

Zaanse Schans

Zaanse schans adalah area wisata kincir angin di tepi sungai Zaan di Zaandam, North Holland. Sebenernya saya pengennya liat kincir di Kinderdijk, deket Rotterdam. Tapi setelah dicek itinerarynya, kalo maksain ke Kinderdijk bakal ngabisin waktu seharian banget. Jadi saya pilih untuk liat kincir angin di Zaanse schans aja. Selain liat kincir angin, di sini juga bisa masuk ke museum, toko keju, toko clog (sepatu kayu khas Belanda) dan rumah2 khas Belanda. Oiya kami juga masuk ke kincir anginnya soalnya penasaran dalemnya kaya apa.

  • Aktivitas                 : sightseeing.
  • Jam operasional : SUN – SAT 9 am – 5 pm (cek website untuk tau hari liburnya)
  • Transportasi : kereta NS Sprinter dari centraal station ke Zaandijk Zaanse Schans atau pake bis no 391 dari Centraal Station dan turun di halt bus Zaanse schans..
  • Biaya                 : train Centraal – Zaandijk Zaanse Schans 3,3 euro per trip, tapi karna kami pake daypass jadi kami ga usah beli tiket lagi. Biaya masuk kincir angin 5 euro, kalo jalan2 di area Zaanse schans-nya sih gratis yaa.
  • Website                 : dezaanseschans.nl
  • Tips : jangan lupa cobain hot chocolate di sini karena enak banget 😍

 

Volendam

Volendam adalah desa nelayan sekaligus objek wisata yang terkenal dengan pelabuhannya yang indah dan pakaian tradisional Belanda yang disebut Klederdracht. Volendam lokasinya gak terlalu jauh dari Amsterdam so kalo mau day trip ke Volendam bisa banget.

  • Aktivitas                 : sightseeing.
  • Transportasi : bis 316 dari Centraal Station, turun di Volendam bus stop.
  • Biaya                 : bis 316 harganya 5 euro (also covered by ARTT).
  • Website                 : vvv-volendam.nl
  • Tips : makan fish n chips di sini enak banget, abis itu jangan lupa photo2 pake baju khas Belanda yaa.

 

Albertcuyp Markt

Udah sampe Amsterdam masa ga jalan2 ke the most popular market? So berangkatlah kami ke pasar Albertcuyp atau yang lebih dikenal dengan nama Albertcuyp Markt. Udah siapin uang sekian euro dengan maksud biar ga ngelebihin budget jajan, tapi apa yang terjadi? Ya seperti biasa kalo jalan2 ke pasar pastinya tetep boncos (boros) akibat laper mata πŸ˜€

  • Aktivitas : sightseeing, jajan, beli keju atau oleh2 souvenir khas Belanda.
  • Jam operasional : SUN – SAT 9 am – 5 pm (cek website untuk tau hari liburnya).
  • Transportasi : dari Centraal Station naik Metro 52 (tujuan Station Zuid) turun di stasiun De Pijp trus jalan 5 menit.
  • Biaya : biaya Metro 3 euro (covered by ARTT)
  • Website : https://albertcuyp-markt.amsterdam
  • Tips : tas taro di depan ya, katanya banyak copet. Di sini banyak penjual makanan khas Belanda dan enak seperti poffertjes, stroopwaffel, ikan herring dan fish n chips. Selain itu ada penjual grilled chicken, kip satay dan burger halal, must try.

 

Rijkmuseum n around

Kunjungan wajib kami saat traveling adalah ke museum. Sebenernya yang suka itu saya, tapi kayanya karena bocah hampir selalu ikut kalo mamaknya lagi trip jadi bocah ketularan suka juga. Mungkin belum terlalu ngerti tapi dia betah berlama2 di museum.

Rijkmuseum berlokasi di kawasan Museumplein (public space di kawasan Museumkwartier), sebelahan dengan Van Gogh Museum dan Stedelijk Museum. Selain mengunjungi museum, kami juga bermain di playground dan tamannya Rijkmuseum yang bagus dan enakeun banget buat santai2 sambil ngasuh bocah.

  • Aktivitas                    : sightseeing, jajan, beli keju atau oleh2 souvenir khas Belanda.
  • Jam operasional : SUN – SAT 9 am – 5 pm (cek website untuk tau hari liburnya).
  • Transportasi : dari Centraal Station naik Metro 52 (tujuan Station Zuid) turun di stasiun Vijzelgracht trus jalan 5 menit. Atau pake tram no 12 (tujuan Amstelstation) turun di Rijkmuseum.
  • Biaya : biaya Metro 3 euro (covered by ARTT), biaya masuk museum 19-20 euro, di bawah 18 tahun gratis.
  • Website : rijksmuseum.nl/en/
  • Tips : kalo mau enjoy maksimal dan less crowd, mending dateng pagi banget atau pas sore (tapi jangan terlalu mepet banget ke jam tutup karena di dalemnya banyak yang bisa diliat). Kalo bawa anak, jangan lupa mampir ke taman di halaman depan Rijkmuseum, ada maze, fountain dan mini playground untuk mereka bermain.

 

Bloemgracht n Jordaan Neighbourhood

Bloemgracht adalah kawasan kanal di Amsterdam yang cantik banget buat sightseeing. Gak jauh dari Bloemgracht ada kawasan Jordaan yang terkenal dengan rumah2 khas Belanda yang cantik, restoran2 enak dan juga toko2nya. Oya di kanalnya bisa naik cruise menyusuri kanal2 cantik itu loh.

 

Keukenhoff Area

Keukenhoff adalah taman bunga terbesar di dunia yang terletak di Lisse, Belanda. Keukenhoff buka setiap tahun pada akhir bulan Maret – pertengahan bulan Mei. Biasanya orang kesini mau liat bunga tulip yang best time visitnya adalah pertengahan April (tergantung cuaca).

Kami sebenernya gak masuk ke Keukenhoff. Kami cuma sampe ke parkirannya, terus sewa sepeda untuk mengelilingi area sekitar Keukenhoff karena kami lebih tertarik menikmati kebun bunga di sekitar Keukenhoff. Sebelum sewa sepeda, petugas rentalnya akan menjelaskan rute2 yang bisa dilalui sambil menikmati hamparan bunga di kebun2 bunganya. Rutenya beragam ada yang Rute cycling bisa diliat di brousr

  • Aktivitas : sightseeing, main sepeda.
  • Transportasi : dari Schipol airport naik bis 858 (Keukenhoff Express) dan turun di parkiran Keukenhoff.
  • Biaya : biaya bis 10 euro return trip (covered by ARTT), biaya masuk Keukenhoff
  • Website : rijksmuseum.nl/en/
  • Tips : kalo mau enjoy maksimal dan less crowd, mending dateng pagi banget atau pas sore (tapi jangan terlalu mepet banget ke jam tutup karena di dalemnya banyak yang bisa diliat). Kalo bawa anak, jangan lupa mampir ke taman di halaman depan Rijkmuseum, ada maze, fountain dan mini playground untuk mereka bermain.

 

Masih banyak tempat wisata di Amsterdam yang belum sempet kami kunjungi. Namun semoga beberapa tempat yang kami kunjungi dan jelaskan di tulisan ini bisa bermanfaat buat temen2 yang mau trip ke Amsterdam berdua anak dan tanpa travel agent. If we can do it, so do you! Until next time Netherlands πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s