Cara Membuat E-paspor

Hello geeeng 😆 kali ini saya mau sharing pengalaman ganti paspor dari paspor biasa ke e-paspor di kanim kelas I jaksel. Kenapa harus e-paspor? Biar bisa dapet visa waiver Jepang 😂 engga deng, pas kebetulan paspor little E mau habis jadi sekalian aja kami ganti ke e-paspor.

Fyi, saat penggantian ini paspor biasa saya masih sisa setahun lagi masa berlakunya, so gak masalah ya tetep bisa diproses permohonan e-paspornya meski paspor lama kita belum habis masa berlakunya.

Tidak semua kanim bisa memproses e-paspor ya, berikut daftar kanim yang bisa proses e-paspor :

• Jakarta Selatan

• Jakarta Barat

• Jakarta Pusat

• Jakarta Timur

• Jakarta Utara

• Tanjung Priok

• Soekarno-Hatta

Saat ini kanim mempunyai Whatsapp Gateway Service yang dapat digunakan untuk mengetahui informasi soal pembuatan paspor :

• Jakarta Selatan: 081381710123

• Jakarta Pusat: 081299004406

• Jakarta Barat: 08119273003

• Jakarta Utara: 082129294111

• Airport Soekarno-Hatta: 081219191847

Alur Proses Pembuatan E-Paspor

1. Daftar online, pilih tanggal, pilih jam dan pilih kanim di website antrian.imigrasi.go.id. Selain di website, pendaftaran online juga bisa dilakukan di aplikasi android. Biasanya kuota pendaftaram antrian via aplikasi dibuka setiap weekend, jadi harus rajin cek. Oya sudah tidak bisa ya apply paspor walk in, semua harus daftar online dulu (terutama Jakarta, gatau kalo kanim lain).

2. Selesai daftar online, kita akan terima barcode yang harus ditunjukin ke counter check in online di kanim di tanggal kedatangan yang kita pilih. Jangan lupa bawa persyaratan dokumen yang diminta ya.

3. Kita akan dapet no antrian dan tunggu dipanggil. Setelah itu diproses, diphoto dan dapet lembaran yang berisi data kita, biaya paspor, kode bayar dan nomor permohonan paspor. Lembaran ini harus dibawasaat mau ambil paspornya.

4. Pembayaran bisa dilakukan di atm atau teller bank Bri, Bni, Mandiri, BCA dan beberapa bank lain. Bukti bayar jangan hilang ya karena kan harus ditunjukkan saat mau ambil paspor.

5. proses pembuatan paspor sudah selesai. Untuk cek paspor kita udah selesai atau belum, bisa lewat Whatsapp Gateway Service (WAGS) Kanim tempat kita proses paspor. Paspor akan selesai 7-14 hari kemudian, untuk e-paspor akan lebih lama dari paspor biasa.

6. Bila sudah selesai, paspor bisa diambil dengan membawa lembaran yang berisi nomor permohonan dan bukti bayar. Pengambilan paspor bisa diwakilkan asal membawa surat kuasa dan ktp asli pemohon paspor.

Persyaratan Paspor

Semua persyaratan difotocopy di kertas A4, gak usah dipotong ya. Bawa semua dokumen asli, kadang engga diperiksa tapi better safe than sorry.

Fyi, bagi pemilik paspor biasa yang mau ganti ke e-paspor, maka syaratnya cuma e-ktp dan paspor lama. Persyaratan di bawah ini dari Kanim Jaksel ya. Konon tiap kanim kadang beda syaratnya.

Biaya Pembuatan Paspor

Paspor biasa Rp. 355.000 (paspor dan biaya IT Biometrik).

E-paspor Rp. 655.000 (paspor dan biaya IT Biometrik).

Counter Check-In Online Paspor
Playground. Lumayan buat kalo bawa anak.

Tips Pembuatan Paspor

  • 1. Pakai baju rapi, berkerah dan pakai sepatu.
  • 2. Datang lebih awal dari jadwal yang didapat. Ingaaat parkiran imigrasi itu kecil, pengalaman saya harus muter2 cari parkir dan akhirnya parkir di gedung sebelah. Kecuali pake taxi online atau pake supir pribadi yaa tinggal turun di lobby and say goodbye ke sobat misqueen 🤣.
  • Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

    Connecting to %s