Lampung (repost from my tumblr)

Spontan.(uhuy!)

emang kadang liburan spontan tuh lebih grabakgrubuk seru. sebenernya ke Lampung ini direncanainnya pergi tanggal 15 Januari dalam rangka surprise party ulang tahun Upah (baca : Papa). tapi c Umah secara spontan udah pergi duluan dan udah stay disana for 8 days. jadi saya memutuskan untuk nyusul Upah Umah kuliner disana di suatu weekend tanpa si sayang 😀 (maap ya sayang :d)

Pergi dadakan gini ostosmastis nyari kendaraan yang bisa go show langsung beli tiket. so me n si sayang pergi ke gambir, beli tiket bis Jakarta-Bandar Lampung and langsung berangkat pake bis jam 8 pagi dan waktu perkiraan tiba jam 4 sore.

Kondisi bisnya nyaman, dah gitu selimutnya cute banget kotak2 merah dan yg paling penting ini selimut meski tipis tapi angeeet banget (secara pergi sendiri tanpa si sayang kan dingin jadi perlu selimut :p)

1st day.

saya turun di jalan ahmad yani, sebrang polresta teluk betung. Upah tinggal di sekitar daerah situ,tepatnya di belakang Bank Eka. karna dari pagi belum makan nasi, langsung deh Upah Umah ngajakin makan. Kuliner kitaaaaaa :d

1. Cafe Diggers (jam 4 sore)

di Cafe Diggers (ini cafe tempat orang2 Lampung pada nongkring kalo malem minggu„lupa ga nyatet alamatnya) saya pesen Daging Basa Lampung, heheeh makanan yang aneh,knp aneh ? jadi dia itu mirip steak tapi ada kuah mentega nya„jadi ga saya makan kuahnya cuma comot dagingnya aja dan nyomot2 kentang gorengnya Upah. IMHO, makanannya standar cuma katanya orang pada nongkring disini kebanyakan karna viewnya lumayan bagus dan kadang suka bikin event nonton bola bareng.

Cafe Diggers

View dari meja makan kita

2. Duren Asan (jam 5.30 sore)

dan saya berkunjung ke lampung saat musem panen dureeeen,hahahahaha, abis makan nasi langsung ngajak diajak Upah ke tempat duren. jadi si tempat duren ini namanya lupa (pardon my short term memory lost) tapi pokoknya khusus daerah jual duren sampe dibikin tugu duren segala. tnyata Upah udah ada langganan namanya Asan, si asan ini ga ada di tempat pas kita mu beli, so Upah nelpon asan suruh dateng ke kiosnya. makasi Asan *ikrib :p (oh kalo udh kenal tuh enak deh,jadi kalo misalnya duren yg dipilih Asan jelek atau ga cocok ama lidah ningrat kita, ga usah dibayar duren yg jeleknya).

ini durennya (cuma abis segini kok berdua Umah :D)

2nd day.

1. Mie Lampung (jam 7an)

Mie Lampung II (dikelola sama anaknya yang punya mie lampung I yang lokasinya di jalan ikan tongkol)

yah kan baru jam 7 udah pinuh

lokasinya di jalan raden inten masih sekitaran teluk betung gitu deh. kita kesana jam 7 buat sarapan eh udah penuh aja dong. Upah pesen nasi tim ayam 1, mie ayam baso 1, ayam rebus paha 1 dan dada 1 (itu buat Umah n saya juga loh bukan Upah sendiri„Upah mah makannya dikit kaya anaknya *preeet)

ini sarapan enak. yang istimewa ayam rebusnya, mirip2 ayam hainan cuma bumbunya lebih light. dia ngga amis karna dipeperin aer jeruk nipis sebelum dimakan, nikmat deh, dah gitu sehat karna direbus (tapi tetep aja ga sehat kalo kulit paha ayamnya dimakan mah neeeng :p).

nasi tim ayam (atasnya ayam,ati and ampela)

ayam rebus (itu yang ada timun n jeruk nipisnya), mie ayam ga sempet kephoto keburu diaduk ama Upah

2. Pantai Klara (jam 10an)

makan udah.perut kenyang.waktunya bobo lagi.hahahaha kebluk abis !                ngga deng abis sarapan Upah ngajak ke pantai Klara, kirain namanya diambil dari nama pejuang perempuan lampung atau tokoh wanita lampung, ternyata klara itu singkatan dari Klapa Rapat, alias kelapa rapet2, kelapa banyak. pantainya lumayan bersih, tiket masuknya murah (25 rebu untuk 4 orang n mobil),banyak saung2 kecil gitu buat keluarga ataupun buat pacaran (narasumber : ari, OB nya kantor Upah). Pantai ini ga tlalu jauh dari pusat kota lampung, sekitar 45 menit aja dari mie lampung tadi and jalannya bagus jadi ga bikin badan sakit.

pantai klapa rapat. istimewa dia ga berombak karna lautnya terhalang bukit2 di sekitarnya, jadi anak2 aman bernang2 n canoing di pantainya

jembatan dermaga kecil n itu saung2nya

dermaga n turis dan anak cantik nya (jangan muntah)

Upah Umah :*

3. Es Mang Udin (jam 1an)

Es mang udin ini terkenalnya tuh minuman es kelapa jeruknya, dia pake jeruk manis asli, kelapa muda, kolang kaling dan gulanya pake madu. selain es kelapa jeruk, mang udin juga jual macem2 minuman kaya es campur, es shanghai, es teler or es by yourself„hahahaha maksudnya kita bisa milih itu es isinya apa aja sesuka hati kita. oya lokasinya di jalan ikan belida pas di belakangnya kawasan dagang mangga dua (mangga dua lampung ya cencunya).

gerobak mang udin (ga ngerti knp ada tulisan “dan perak”, dulunya jual perak juga kali ya :D”

Es By Yourself (and es by myself is es mangga,nangka,kolangkaling n ager merah seuprit) enak, ga tlalu manis n zegarrr

4.Jumbo Kakap (Jam 4an)

pulang dari mang udin tadi kita balik ke tempat Upah n bobocan bentar dan bangun dgn keadaan lapreto. Upah ngajak makan ke jumbo kakap yg hits sup kerapunya di jalan ikan kakap. etapi pas nyampe abis tnyata kerapunya, jadi upah pesen udang bakar, ikan bakar,cumi goreng mentega, kerang rebus sama tumis toge ikan asin keras. overall makanannya enak, ya skala 1-10 i give 8 🙂 meski tetep penasaran sup kerapunya yang kata Upah enak itu kaya apa (fyi, standar enak saya mirip sama upah, yang upah bilang enak biasanya saya idem, apalagi kalo ditraktir :D). setelah beres makan kita langsung turun pulang dannnnn lupa bayar ! hahahahaha langsung lenggang kangkung aja ke mobil n pulang,untung upah inget n balik lagi trus bayar deh (maap ya om jumbo, ngga lagi2 deh lupa).

rm jumbo kakap, kita makan di atas,lumeyen bisa liat2 pemandangan gedung2 old city lampung

ini makanannya plus tangan Umah lg ngupasin udang

hari kedua ini diakhiri dengan nonton MI4 di 21 central plaza lampung 🙂 dan tak lupa membeli duren (lagi).

3rd day

waktunya kembali ke jakarta,udah kasak kusuk aja nanyain tiket bis ke upah, karna udh minta tolong pesenin titip beli dari hari pertama nyampe lampung. upah bilang udah teh udah dibeliin nanti ya upah simpen.

jengjeng ! upah mampir ke gedung yg ada plang garuda indonesia. ehh ehh ehh ada apa ini sambil ngarep :p. hihihihi alhamdulillah tnyata dikasih tiket pulangnya pake garuda ama Upah Umah biar ga kecapean kelamaan di jalan ceunah and city check in duluan aja.makasi Upah Umah :*

dan tak lupa Upah service excellent bungkusin ini buat si sayang :

alhamdulillah weekend yang mengenyangkan dan menyenangkan.