Being a banker

Wow.

Ga berasa udah mau 5 taun jadi banker. 2 taun pertama gw kerja di bank swasta, tahun ketiga sampe skrg di bank biru. Alhamdulillah dua2nya disyukuri n dinikmati.

Sebenernya ga ada citacita gw buat jadi banker. lulus kuliah gw clueless banget mau kerja dimana. yang ada masukin lamaran kerja banyak2 trus berdoa sambil ngarep. saat itu asli ga ada kepengen kerja dimana. nyokap sih nyuruh sekolah lg n jadi dosen. tapi saat itu namapun br lepas dari skripsi neraka, kayanya enek n mules kalo disuruh s2. Akhirnya gw sempet nyasar di perusahaan transportasi selama 2 bulan. Trus 4 bulan setelah resign dari situ gw pindah ke bank swasta di tasik, jadi teller setahun pertama n lanjut ke customer service officer (CSO / CS) di tahun kedua. Tahun ketiga pas pindah ke bank biru gw menempati posisi AO yg bertugas nyari debitur, nganalisa karakter n bisnis debitur trus memprakarsai kredit usaha buat debitur.
banyak banget ilmu n sukaduka yg gw dapet selama kerja di bank n semuanya berkesan. Beberapa yg gw alamin bakal gw ceritain disini,,

1. Kerja di bank ? Banyak duit dong ?
Tau donk kalo menurut masyarakat (masyarakat kepo maksudnya seperti tetangga, sodara dan teman2 jauh) kerja di bank itu identik dengan banyak duit ?
Emang iya sih bener banyak duit tapi duitnya orang lain alias nasabah. Ya kalo pas awalawal kerja mah ga mungkin lah langsung gede gaji n banyak duit. Pas msh di bank swasta penghasilan gw udah 10 koma, alias tanggal 10 udah koma, wkwkwkwkwk.
suka heran makanya sama yang mukul rata kalo semua pegawe bank itu akan langsung banyak duit (dianggap doa aja deh jd diaminin :D).

2. Kudu ramah
Apapun yg terjadi di hari-hari gw, terutama yg bikin kesel atau sedih, ga boleh keliatan di muka gw. Kalo ketemu nasabah, muka kudu senyum n happy teruuus. Gw sih ga keberatan being friendly, cuma kan namapun manusia ada aja lah saat2 bete nya. Apalagi kalo lg pms tuh, tetep harus manits, ramah n melayani dgn happy. Meski ketemu nasabah yg rewel juga tetep harus ramah n full smile *dadahdadah ci sherly*.
image

3. Kudu make up
Gw ga suka make up lengkap. Bedakan dan lipstickan udh cukup mnurut gw. Tapi ya ga bisa dong yaaaw namapun jd CS ada standar make up nya. Kudu make up lengkap.
Jujur aja gw ga nyaman tapi ya namanya jg kewajiban, mau ga mau ya dandan juga.
Beda sama pas gw jd AO, ga diwajibkan make up lengkap. Happy bener dah gw. Ya rada ga mungkin make up lengkap secara gw kalo kunjungan nasabah ke pasar, ke pabrik, ke gudang, ke tambak ikan, bahkan sampe ke gunung. Hihihi.
image

4. OTS
OTS alias on the spot, kunjungan ke usaha debitur atau rumah atau jaminan debitur. Banyaaak bgt suka dukanya. Ots ke pasar, seru bgt ketemu pedagang2 n ngobrol segala macem sama mereka. Ada yg pas diotsin ngaku2 itu rumahnya dia padahal bukan. Ada yg ngumpet lah kalo ditagih tunggakan. Ada yg rumahnya disewain ke tower tapi ga bilang. Ada yg rumahnya segede lapangan bola. Seru.
Tapi yg paling seru adalah ots ke tambak ikan di tengah2 bendungan cirata. Omg. Gw salah kostum dong pake sepatu cantik karna lupa siangnya mau ots ke tambak. Horor bgt takut kepeleset trus nyemplung. Wkwkwkwkwk. Stupid me.

6. Jaminannya debitur
Kadang ya suka pgn ketawa sendiri ngeliat jaminan yg coba2 dimasukin ama calon debitur. Ada yg masukin sertifikat orang lain, ada yg masukin sertifikat tanah tapi tanahnya di balik gunung, ada yg masukin sertifikat museum. Hahahaha.
Yang paling penting sbnrnya kalo mau masukin jaminan buat kredit tuh harus yg lokasinya strategis, mudah dijual dan kondisinya bagus. Ga bisa yaa masukin jaminan senyum manis :D.
image

5. Nagih
Ini tantangan banget deh. Tricky. Pinter2an akal sama nasabah sampe dia mau bayar. Karna kalo soal nunggak ini bisa aja karakter, maksudnya bisa aja dia ada uang ya buat bayar tapi gak mau bayar. Susah kalo karakter.
Intinya sih kalo nasabah nya terlanjur nakal n nunggak parah akan terjadi semboyan AO di bawah ini :
Wahai debitur, Kutagih kau dengan bismillah,
kau jawab dengan insyaAllah πŸ˜€

6. Ketemu banyak orang baru
Ini kesenangan yg berharga bgt buat gw. Ketemu banyak pengusaha sukses di usia muda, pinter dagang, pinter transaksi n pinter muter duit.
Bisa liat macem2 karakter orang, bisnisnya sampe keluarga besarnya.
Precious moment.

7. Bonus
Alhamdulillah hacep banget lah pokoknya. πŸ˜€

Btw udah mau 5 taun ini disinih. Bentar lg ijasah dibalikin nih. Saatnya cari tempat naro ijazah baru kaah ? *terkode*

8 Comments Add yours

  1. bebe' says:

    Woaaa.. banyak banget ceritanya ya. Jadi inget waktu kemarin resign juga pas lagi 5 tahun.. semoga bisa ketemu tempat yang lebih ok dari sekarang (kali aja tiba2 ditawarin kerjaan lain kan?) πŸ˜‰

    1. cikahendra says:

      Hihi iya be,seru seru kisahnya soalnya ketemu orang orang yg macem2 *lapkeringet*.
      Aamiin aamiinn bebe kerjaan baru nya hehehe,,btw semalem ikut kaya seminar kecil di femaledaily tentang fotografi,,dalam rangka belajar be 😁

      1. bebe' says:

        Waaaa.. Asiiik. Belajar ttg apa nih kemarin?

        1. cikahendra says:

          Belajar dasar yang soal teknik sama komposisi be, materi buat pemula kaya cika gini dengan tujuan untuk mencegah itu dslr berdebu (dan instrukturnya bilang gini, jgn sampe berdebu ya kameranya) πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚.
          Namanya Edward Suhadi, enak ngajarnya. Oya sebelum ngajar dia ksh liat video dia waktu travel ke NZ sama istrinya, disana mereka pake caravan. Photo2nyaaaa juaraaa heheheh.

  2. ndutyke says:

    Wahai debitur, Kutagih kau dengan bismillah,
    kau jawab dengan insyaAllah

    >>> …. begitu dia jawab INSYAALLAH jangan sampe kau berbuat yg tidak-tidak sehingga jadinya INNALILLAH ya…. *ngempet ngakak*

    1. cikahendra says:

      Bwahahahahahaha…grrrrr…kudu perpanjang sumbu sabar inihhh mbak πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  3. Andri yanti says:

    wahh seru bgt kelaihatanya y mba…
    sy pengen bgt masuk di bankjd teller/cs/frontliner, tp ijazah cm D3.. kyknya ga mgkn bisa y mba…klo D3 plg jg jd marketing…uda ngelmar sana sini eh blm ada pggilan. sekali ny ada pggilan jd ny marketing,, huft 😦
    btw nice post mba πŸ™‚

    1. cikahendra says:

      Halo mbak, setau aku d3 masih bisa jadi frontliner coba dicari lagi yaa infonya 😊
      Oya JADI marketing juga seru kok banyak ilmunya,ga usah takut sama target 😊
      Semangaaaat mbak πŸ™‚

Leave a Reply

